Kiat Mengelola Usaha Restoran

Dewasa ini banyak sekali persaingan usaha restoran di daerah kota Bandung, Antapani, Pasteur, Kiaracondong dan sekitarnya. Dengan pesatnya persaingan tentunya kini mengelola restoran tidak hanya sekedar pada menu menu makanan yang dijual, akan tetapi dengan hampir semua restoran kini memiliki menu yang nyaris sama maka kini persaingan lebih pada soal kualitas pelayanan dan tidak hanya berpacu pada harga.

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Restoran

Dalam mewujudkan sebuah pelayanan yang baik dari restoran mengingat persaingan yang sangat pesat di Kota Bandung ini maka tentunya suatu bisnis Resto, rumah makan ataupun Cafe harus menambah jumlah karyawan yang berkualitas. Sebenarnya penambahan jumlah karyawan/pelayan restoran belum juga bisa menjadi alternativ yang utama. Disamping karena membengkaknya biaya operasional untuk menggaji tenaga kerja, juga karena kurangnya efisien jika kita hanya mengandalkan tenaga saja tanpa sebuah strategi manajemen yang akurat.

Cara Manajemen Restoran Yang Akurat/Jitu

Dalam praktiknya, pengelolaan restoran khususnya di Kota Bandung adalah bukan hal yang mudah mengingat persaingan usaha restoran di kota ini sangatlah besar. Maka dari itu diperlukannya sebuah sistem manajemen yang akurat dan jitu, sebagai contoh yang nyata adalah penerapan akuntansi restoran yang baik. Pengelolaan akuntansi resto yang baik dewasa ini tentunya tidak cukup apabila dikerjakan secara manual, dengan pembukuan yang ditulis manual oleh tenaga kerja dan hanya dengan sebuah kalkulator di meja kasir. Namun karana sekarang sudah era globalisasi maka sudah seyogyanya pengelolaan manajemen akuntansi restoran menggunakan Software akuntansi tersendiri yang telah terintegrasi dan memudahkan pekerjaan resto, cafe dan rumah makan lainnya. Penggunaan software akuntansi ini sangat membantu pada sistem kasir restoran, ataupun pengaturan daftar pesanan pelanggan restoran, juga meliputi list atau daftar keperluan dapur restoran.

Penggunaan Software Restoran Yang Tepat

Untuk penerapannya, software restoran sangatlah mudah untuk di implementasikan, karena dengan software seperti ini anda bisa mudah memanajemen, mengelola dan mengatur usaha restoran/rumah makan anda sehingga menguntungkan. Oleh karenanya sekarang telah hadir software restoran yang mudah di gunakan dan bisa berjalan di banyak sistem operasi seperti Windows, Linux maupun Machintosh. software Restoran ini adalah Bee PResto dari perusahaan software akuntansi “Bee Accounting”.

Berikut adalah sedikit ulasan produk software restoran produksi dari bee accounting:

software resto cafe bee presto bandung

software restoren bee accounting bandung

Jika kita ingin memperhitungkan BEP ( Break Event Point ) atau Analisa Titik Impas dalam usaha, maka Analisa Laba Rugi yang harus kita lihat agar dapat menentukannya. Namun jika kita ingin menghitung tingkat pengembalian atas investasi kita (Return of Investment), maka kita harus memperhatikan Analisa Neraca Usaha.

Dalam laporan keuangan laba rugi, berikut ini pos – pos yang perlu diperhatikan :

  1. Pendapatan Penjualan
    Hasil pendapatan ini bisa berasal dari penjualan produk inti dari bisnis tersebut atau penjualan dari produk sampingan bisa juga dinamakan penjualan lain – lain. Contoh penjualan produk inti : Bisnis anda adalah Café, produk yang anda tawarkan adalah minuman dan makanan. Jika terjadi penjualan terhadap makanan dan minuman maka itu dimasukan dalam penjualan produk inti dari bisnis anda.
    Nahh.. yang dinamakan produk sampingan atau lain – lain adalah, jika café anda tersebut melakukan penjualan meja dan kursi ( untuk melakukan pembaharuan atau pergantian interior café ), maka hasil penjualan meja dan kursi itu dikatagorikan masuk penjualan sampingan. Atau anda melakukan kerjasama dengan perusahaan biodiesel untuk menjual minyak goreng bekas, hasil penjualan minyak goring bekas itu dimasukan dalam penjualan lain – lain atau dikatagorikan penjualan produk sampingan.
  1. HPP ( Harga Pokok Penjualan )
    Harga Pokok Penjualan bisa diartikan Biaya yang harus anda keluarkan sebelum produk tersebut dijual. Jika di Café, HPP yang ada perhitungkan pada umumnya adalah : pembelian minuman sachet, gula pasir, bahan baku ( bumbu dapur ), dll. Ini tergantungd ari jenis makanan atau minuman yang ingin di tawarkan.
  2. Biaya Operasional
    Biaya operasional menyangkut : Gaji karyawan, Biaya Overhead ( listrik dan air ), Biaya penyusutan, biaya dibayar dimuka / biaya sewa ( biasanya biaya sewa tempat ), Biaya Promosi atau iklan, biaya administrasi usaha ( nota-nota, kertas lainnya untuk usaha ).

 

Contoh Simple Format LAPORAN LABA RUGI periode 1 bulan

Pendapatan Usaha
1. Penjualan Minuman
2. Penjualan Makanan
3. Penjualan Merchandise
4. Penjualan Lain – Lain
TOTAL OMZET
HPP / Biaya Produksi
1. Pembelian Minuman Sachet
2. Pembelian Bumbu Dapur
3. Pembelian Es Krim
4. Pembelian Gelas Kemasan Plastik
5. Pembelian Merchandise
6. Pembelian Lain – lain.
TOTAL HPP
B.Op (Biaya Operasional)
1. Gaji Pegawai
2. Administrasi Usaha ( nota penjualan )
3. Biaya Sewa ( Sewa Bangunan )
4. Biaya Penyusutan ( Peralatan dan Mesin )
5. Biaya Pemeliharaan ( Bangunan, Meja, Kursi, Interior )
6. Biaya Iklan dan Promosi
7. Biaya Overhead ( Listrik, Air dan Telphone )
8. Biaya Langganan ( Majalah dan Internet )
Total Biaya Operasional
Laba Rugi Sebelum Pajak
Pajak Penghasilan
Laba Rugi Bersih Setelah Pajak

 

Perhitungan BEP
Pada umumnya orang mengatakan bahwa BEP adalah pencapaian titik nol ketika kita berinvestasi, sehingga diharapkan setelah titik nol tersebut kita dapat meraih keuntungan dari investasi kita. Dan dihitung berdasarkan waktu bulan atau tahun. Mis : dengan membuka usaha café kita memerlukan dana investasi Rp 50jt, dengan diproyeksikan rata – rata laba bersih per bulan Rp 5jt. Maka kita bisa menghasilkan BEP dalam waktu : 10 bulan.

Analisa Break Event Point :
Biaya Investasi yang dikeluarkan = …….. Bulan 
          Laba Bersih setelah pajak / Bulan

Untuk Download Lengkap Software Restoran Bee PResto bisa Klik Disini

Untuk Informasi lengkap tata cara instalasi software ini ataupun untuk pembelajaran secara gratis bisa hubungi Kontak kami yang telah disediakan sesuai kota anda, sebagai contoh anda yang berada di kota Bandung Bisa menghubungi Kantor Bee Accounting Cabang Bandung pada Kontak diatas. Jangan malu-malu untuk menghubungi kami 🙂 .

 

Leave a comment